A.
PENGERTIAN
Manajemen sumber daya
manusia (MSDM) adalah pengelolaan sumber daya manusia. Ini adalah fungsi dalam
organisasi yang dirancang untuk memaksimalkan kinerja karyawan dalam pelayanan
tujuan strategis majikan. MSDM terutama berkaitan dengan pengelolaan orang
dalam organisasi, fokus pada kebijakan dan pada sistem. Departemen MSDM dan
unit dalam organisasi biasanya melakukan sejumlah kegiatan, termasuk desain
manfaat karyawan, rekrutmen karyawan, "pelatihan dan pengembangan",
penilaian kinerja, dan bermanfaat (misalnya, mengelola gaji dan manfaat
sistem). MSDM juga menyangkut diri dengan perubahan organisasi dan
hubungan industrial, yaitu balancing praktek organisasi dengan persyaratan yang
timbul dari tawar-menawar kolektif dan dari hukum pemerintah. Menurut R.
Buettner, HRM meliputi bidang-bidang inti berikut:
1.
Desain pekerjaan dan analisis,
2.
Perencanaan tenaga kerja,
3.
Rekrutmen dan seleksi,
4.
Pelatihan dan pengembangan,
5.
Manajemen kinerja,
6.
Pemberian upah
7.
Masalah hukum.
MSDM adalah produk dari
gerakan hubungan manusia dari awal abad 20, ketika para peneliti mulai
mendokumentasikan cara menciptakan nilai bisnis melalui manajemen strategis
dari angkatan kerja. Fungsi awalnya didominasi oleh pekerjaan transaksional,
seperti penggajian dan administrasi manfaat, namun karena globalisasi,
konsolidasi perusahaan, kemajuan teknologi, dan penelitian lebih lanjut, MSDM
pada tahun 2015 berfokus pada inisiatif strategis seperti merger dan akuisisi,
manajemen bakat, perencanaan suksesi, hubungan industrial dan tenaga kerja, dan
keanekaragaman dan inklusi.
Sumber Daya Manusia
adalah bidang usaha difokuskan pada memaksimalkan produktivitas karyawan.
Sumber Daya Manusia profesional mengelola modal manusia dari suatu organisasi
dan fokus pada pelaksanaan kebijakan dan proses. Mereka bisa spesialis fokus
pada pada perekrutan, pelatihan, hubungan karyawan atau manfaat. Spesialis
merekrut bertanggung jawab untuk menemukan dan mempekerjakan bakat atas.
Pelatihan dan pengembangan
profesional memastikan bahwa karyawan terlatih dan memiliki pembangunan
berkelanjutan. Hal ini dilakukan melalui program-program pelatihan, evaluasi
kinerja dan program reward. hubungan karyawan berkaitan dengan keprihatinan
karyawan ketika kebijakan yang rusak, seperti pelecehan atau diskriminasi.
Seseorang manfaat mengembangkan struktur kompensasi, program cuti keluarga,
diskon dan manfaat lain yang karyawan bisa mendapatkan.
Di sisi lain lapangan
adalah Human Resources Generalis atau Mitra Bisnis. sumber daya manusia para
profesional bisa bekerja di semua bidang atau menjadi perwakilan hubungan kerja
bekerja dengan karyawan serikat. Di perusahaan startup, profesional terlatih
dapat melakukan tugas MSDM. Dalam perusahaan besar, kelompok fungsional seluruh
biasanya didedikasikan untuk disiplin, dengan staf yang mengkhususkan diri
dalam berbagai tugas MSDM dan kepemimpinan fungsional terlibat dalam
pengambilan keputusan strategis di seluruh bisnis.
Untuk melatih praktisi
untuk profesi, lembaga pendidikan tinggi, asosiasi profesi, dan perusahaan itu
sendiri telah mendirikan program studi yang didedikasikan secara eksplisit
dengan tugas fungsi. Akademis dan praktisi organisasi juga berusaha untuk
terlibat dan memajukan bidang MSDM, sebagaimana dibuktikan oleh beberapa
publikasi bidang khusus. MSDM juga merupakan bidang studi penelitian yang
populer dalam bidang manajemen dan industri / psikologi organisasi, dengan
artikel penelitian muncul di sejumlah jurnal akademik, termasuk yang disebutkan
nanti dalam artikel ini.
Bisnis yang bergerak
secara global dan membentuk tim yang lebih beragam. Ini adalah peran sumber
daya manusia untuk memastikan bahwa tim ini bisa berfungsi dan orang yang mampu
berkomunikasi lintas budaya dan lintas batas. Karena perubahan bisnis, topik saat
ini dalam sumber daya manusia yang keragaman dan inklusi serta menggunakan
teknologi untuk memajukan keterlibatan karyawan. Dalam lingkungan kerja global
saat ini, sebagian besar perusahaan fokus pada menurunkan turnover karyawan dan
mempertahankan bakat dan pengetahuan yang dimiliki oleh tenaga kerja
mereka. Mempekerjakan Karyawan yang baru tidak hanya memerlukan biaya
tinggi tetapi juga meningkatkan risiko pendatang baru tidak mampu menggantikan
orang yang bekerja dalam posisi sebelumnya. departemen HR berusaha untuk
menawarkan manfaat yang akan menarik bagi pekerja, sehingga mengurangi risiko
kehilangan pengetahuan perusahaan.
B.
FUNGSI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA INTI
Menurut Mondy, manajemen sumber daya
manusia memiliki lima fungsi inti yaitu:
1.
Susunan kepegawaian
2.
Pengembangan sumber daya manusia
3.
Kompensasi dan keuntungan
4.
Keselamatan dan kesehatan
5.
Karyawan dan hubungan kerja
C.
KEGIATAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Sebuah Manajer Sumber Daya Manusia
memiliki beberapa fungsi dalam sebuah perusahaan:
1.
Menentukan kebutuhan staf.
2.
Menentukan untuk menggunakan staf
sementara atau mempekerjakan karyawan untuk mengisi kebutuhan tersebut.
3.
Merekrut dan melatih karyawan terbaik.
4.
Mengawasi pekerjaan.
5.
Harmonisasi hubungan antara perusahaan
dan pekerja.
6.
Mengelola hubungan karyawan, serikat
pekerja dan perundingan bersama.
7.
Siapkan catatan karyawan dan kebijakan
pribadi.
8.
Memastikan kinerja tinggi.
9.
Mengelola karyawan gaji, tunjangan dan
kompensasi.
10.
Pastikan kesempatan yang sama.
11.
Berurusan dengan diskriminasi.
12.
Berurusan dengan masalah kinerja.
13.
Memastikan bahwa praktek sumber daya
manusia sesuai dengan berbagai peraturan.
14.
Mendorong motivasi karyawan.
15.
Fokus pada individu yang memiliki energi
dan kemampuan untuk memastikan pekerjaan yang dilakukan melalui orang untuk
mencapai hasil.
16.
Manajer perlu mengembangkan keterampilan
interpersonal mereka untuk menjadi efektif. perilaku organisasi berfokus pada
bagaimana meningkatkan faktor yang membuat organisasi lebih efektif.
17.
Fokus pada individu yang memiliki energi
dan kemampuan untuk memastikan pekerjaan yang dilakukan melalui orang untuk
mencapai tujuan.
D.
SEJARAH
Bidang Sumber Daya
Manusia berevolusi pertama di Eropa abad ke-18 dari ide sederhana dengan Robert
Owen dan Charles Babbage selama revolusi industri. Orang-orang ini tahu bahwa
orang-orang penting bagi keberhasilan suatu organisasi. Mereka menyatakan bahwa
kesejahteraan karyawan menyebabkan pekerjaan yang sempurna. Tanpa pekerja yang
sehat, organisasi tidak akan bertahan.
MSDM kemudian muncul
sebagai bidang tertentu di awal abad 20, dipengaruhi oleh Frederick Winslow
Taylor (1856-1915). Taylor dieksplorasi apa yang disebut "ilmiah
manajemen" orang lain kemudian disebut "Taylorisme", berusaha
untuk meningkatkan efisiensi ekonomi di pekerjaan manufaktur. Dia akhirnya
diketik di salah satu masukan utama ke dalam proses manufaktur-kerja-memicu
penyelidikan produktivitas tenaga kerja.
Sementara itu, di
Inggris CS Myers, terinspirasi oleh masalah tak terduga antara tentara yang
telah khawatir jenderal dan politisi dalam Perang Dunia Pertama, mendirikan
National Institute of Psychology Industri, pengaturan benih untuk gerakan
hubungan manusia, yang pada kedua sisi Atlantik dibangun pada penelitian Elton
Mayo dan lain-lain untuk mendokumentasikan melalui studi Hawthorne (1924-1932)
dan lain-lain bagaimana rangsangan, tidak terkait dengan kompensasi finansial
dan kondisi kerja, bisa menghasilkan pekerja yang lebih produktif. Bekerja
dengan Abraham Maslow (1908-1970), Kurt Lewin (1890-1947), Max Weber
(1864-1920), Frederick Herzberg (1923-2000), dan David McClelland (1917-1998),
membentuk dasar untuk studi di industri dan psikologi organisasi, perilaku
organisasi dan teori organisasi, ditafsirkan sedemikian rupa untuk klaim lanjut
legitimasi untuk disiplin diterapkan.
1. KELAHIRAN DAN EVOLUSI DARI DISIPLIN
Pada saat cukup bukti
teoritis ada untuk membuat kasus bisnis untuk manajemen tenaga kerja strategis,
perubahan lanskap bisnis (à la Andrew Carnegie, John Rockefeller) dan kebijakan
publik (à la Sidney dan Beatrice Webb, Franklin D. Roosevelt dan New kesepakatan)
telah mengubah hubungan majikan-karyawan, dan disiplin menjadi diformalkan
sebagai "hubungan industrial dan tenaga kerja".
Pada tahun 1913 salah
satu asosiasi SDM tertua profesional - Chartered Institute of Personalia dan
Pembangunan (CIPD) - dimulai di Inggris sebagai Asosiasi Pekerja Kesejahteraan
'; itu berubah nama satu dekade kemudian ke Institut Pekerja Kesejahteraan
Industri, dan lagi dekade berikutnya untuk Institut Manajemen Buruh sebelum
menetap pada nama saat ini pada tahun 2000. Demikian juga di Amerika Serikat,
lembaga pertama di dunia pendidikan tinggi yang didedikasikan untuk penelitian
kerja - Sekolah Hubungan Industrial dan Tenaga Kerja - terbentuk di Cornell
University pada tahun 1945. Pada tahun 1948, apa yang kemudian menjadi
asosiasi profesional terbesar MSDM - Masyarakat untuk Manajemen Sumber Daya
Manusia (SHRM) -. Dibentuk sebagai American Society for Administrasi Personalia
(ASPA)
Di Uni Soviet,
sementara itu, penggunaan Stalin patronase dilakukan melalui "Departemen HR"
setara dalam Partai Bolshevik, yang Orgburo, menunjukkan efektivitas dan
pengaruh kebijakan dan praktik sumber daya manusia, dan Stalin sendiri mengakui
pentingnya sumber daya manusia. Selama paruh kedua abad ke-20, keanggotaan
serikat menurun secara signifikan, sementara manajemen tenaga kerja terus
memperluas pengaruhnya dalam organisasi. Di Amerika Serikat, frasa
"hubungan industrial dan tenaga kerja" mulai digunakan untuk merujuk
secara khusus untuk isu-isu mengenai representasi kolektif, dan banyak
[menghitung] perusahaan mulai mengacu pada profesi proto-HR sebagai
"administrasi kepegawaian". Banyak praktik MSDM saat ini berasal
dengan kebutuhan perusahaan di tahun 1950-an untuk mengembangkan dan
mempertahankan bakat.
Pada abad ke-20,
kemajuan transportasi dan komunikasi sangat difasilitasi mobilitas tenaga kerja
dan kolaborasi. Perusahaan mulai melihat karyawan sebagai aset bukan sebagai
roda dalam mesin. "Manajemen sumber daya manusia" akibatnya, Menjadi
istilah yang dominan untuk fungsi-ASPA bahkan mengubah namanya menjadi
Masyarakat untuk Manajemen Sumber Daya Manusia (SHRM) pada tahun 1998.
"Manajemen modal manusia"
sinonim dengan MSDM, meskipun "modal manusia" biasanya mengacu pada
pandangan yang lebih sempit sumber daya manusia; yaitu, pengetahuan individu
mewujudkan dan dapat berkontribusi untuk sebuah organisasi. Demikian juga,
istilah lain kadang-kadang digunakan untuk menggambarkan lapangan meliputi
"manajemen organisasi", "manajemen tenaga kerja",
"manajemen bakat", "manajemen personalia", dan hanya
"orang manajemen".